ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

‘Work from Home’ dan Dekorasi Ruang Kerja Anda di Rumah

Selasa , 24 Maret 2020 | 15:57
‘Work from Home’ dan Dekorasi Ruang Kerja Anda di Rumah
Ruang kerja di rumah pada sudut ruangan dengan furnitur kayudekoruma.com. (Foto: dekoruma.com)

WABAH COVID-19 yang terjadi di Indonesia menyebabkan Pemerintah mengambil keputusan salah satunya adalah semua yang bekerja di kantor diimbau bekerja di rumah. Kebijakan ini disebut Work from Home' dan kebijakan lainnya yaitu Social Distance. Ini tak lain untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19 yang sudah menjadi pandemi.

Nah, bagaimana dengan rumah Anda? Sudahkah ditata menjadi tempat kerja yang nyaman dengan ruang kerja layaknya seperti di kantor?

Di zaman digital sekarang, tren ruang kerja di rumah sudah bukan hal baru lagi dan dipastikan akan semakin meningkat hingga tahun-tahun ke depan.

Baik untuk kalian yang akan menggunakan ruang kerja di rumah selama seharian atau hanya beberapa jam dalam sehari, desain ruang kerja perlu diperhatikan supaya home office nyaman dan kalian semakin produktif.

Apa saja tips-tips desain ruang kerja di rumah ala Kania? Yuk, simak dulu berikut ini dilansir dari dekoruma.com:

Yang Paling Penting, Lokasi

Ruang kerja di rumah bisa hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, termasuk juga penempatan pada lokasi yang berbeda-beda. Cara terbaik untuk memilih lokasi paling ideal untuk ruang kerja di rumah adalah menyesuaikan dengan kebutuhan personal kalian.

Contohnya, untuk ibu rumah tangga yang akan banyak berkutat dengan urusan dapur, maka ruang kerja di rumah yang strategis tidak akan terlalu berjauhan dengan dapur. Atau jika kalian harus menerima tamu, maka posisikan ruang kerja di rumah di daerah ruang tamu. Sebaliknya, untuk yang membutuhkan ketenangan maka home office di sudut rumah pasti lebih cocok.

Alokasi Ruang Supaya Nyaman

Kenyamanan menjadi kunci ruang kerja di rumah yang produktif. Atur pergerakan kalian di ruang ini seefisien dan senyaman mungkin, misalnya mudah bergerak dari sisi ke sisi, punya akses ruang ekstra untuk berdiri atau duduk dll. Sering orang salah mengestimasi ruang kerja di rumah karena tidak memperkirakan dengan tepat. Untuk acuannya, alokasikan lebih dari ukuran meja kerja standar yaitu 150 cm x 210 cm.

Home-Office-desk

Memilih Furnitur Kantor

Memilih perabot ruang kerja di rumah sangatlah penting. Pilih meja yang cukup untuk menampung seluruh perlengkapan kerja, dan sisakan juga areal yang cukup untuk kegiatan menulis.

Ukuran ideal minimum untuk meja kerja adalah 120 -150 cm, sedangkan untuk ketinggian meja kerja bisa dipatok pada sekitar 70-75 cm, sesuai dengan kebutuhan. Terakhir untuk ruang kerja di rumah, berinvestasilah pada kursi kantor ergonomis demi kenyamanan dan kesehatan tulang leher dan punggung.

Penggunaan Storage & Rak

Pada umumnya, ruang kerja di rumah tetap akan membutuhkan areal penyimpanan dan rak dinding yang memadai. Atur desain penempatan sesuai flow pekerjaan, lokasi meja kerja dan akses pekerjaan yang paling praktis. Pastinya kalian yang paling paham ritme pekerjaan pribadi sehingga wajib lebih jeli dalam taksiran ukuran dan letak terbaiknya.

Pencahayaan Natural dengan View

Usahakan untuk memilih ruang kerja di rumah dengan pencahayaan natural demi produktivitas tertinggi. Meja kerja yang sekaligus meja komputer ini bisa ditempatkan berhadapan dengan jendela atau pada lokasi dimana layar komputer terasa pas tanpa pantulan sinar. Gunakan juga tirai atau blind untuk mengurangi sinar yang terlalu terang supaya suasana ruang kerja di rumah semakin nyaman. Penempatan cermin dan pemilihan cat warna home office juga akan berpengaruh banyak pada produktivitas kalian.

Butuh Ruang Meeting? Ini Solusinya

Punya ruang kerja di rumah bukan berarti harus selalu keluar rumah untuk urusan meeting dengan klien. Idealnya memang kalian bisa menyediakan ruang khusus di dalam rumah untuk kebutuhan profesional, tetapi jika tidak memungkinkan, atur saja posisi ruang kerja di rumah dengan beberapa seating tambahan. Cukup satu atau dua kursi tamu yang nyaman dan stylish untuk kolaborasi yang makin sukses.

Personalisasi dengan Dekorasi

Terakhir, jangan lupa menambahkan unsur-unsur personal pada ruang kerja di rumah. Berbeda dengan perkantoran yang tidak bisa kalian desain sesuai selera, inilah peluang untuk menciptakan ruang kerja di rumah yang paling mencerminkan kepribadian dan karakter Anda. Pastikan dekorasi ruangan kerja dapat memotivasi Anda untuk giat bekerja.

Setelah menerapkan ketujuh cara mendesain ruang kerja di rumah ini, tentu kalian akan lebih produktif. Namun, pastikan desain ruang kerja disesuaikan dengan cara kerja dan kenyamanan kalian dan jika masih bingung, ada baiknya berkonsultasi dengan jasa interior desainer agar semua keperluan untuk ruang kerja di rumah.

Editor : Farida Denura
KOMENTAR