ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Ruang Belajar Kecil yang Nyaman dan Indah

Minggu , 18 Oktober 2020 | 17:00
Ruang Belajar Kecil yang Nyaman dan Indah
Ruang belajar harus didesain dan diatur sedemikian rupa sehingga penggunanya merasa nyaman untuk berlama-lama belajar di dalamnya. (Foto-foto: furnizing.com)

RUANG belajar seperti ruangan lainnya harus dapat mencerminkan karakter dari seseorang yang menggunakannya. Ruang tersebut harus didesain dan diatur sedemikian rupa sehingga penggunanya merasa nyaman untuk berlama-lama belajar di dalamnya. Namun, Anda juga perlu memperhatikan penataannya, terutama jangan sampai anak Anda merasa bosan dengan ruang belajar pada rumahnya sendiri. Berikut saran dari laman furnizing.com Anda merancang dan mendekorasi ruang belajar kecil agar nyaman dan indah. Anda simak:

Pemanfaatan Dinding Ruangan
Anda dapat memulainya dengan memanfaatkan dinding pada rumah Anda untuk membuat rak buku yang cukup sederhana namun mempunyai banyak fungsi. Rak tersebut selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku, dapat juga untuk menaruh beberapa hiasan yang Anda sukai. Dengan demikian Anda dapat memiliki sebuah tempat penyimpanan pada ruang belajar di rumah Anda.

Manfaatkan Setiap Ukuran dalam Ruang
Cara kreatif yang harus Anda pikirkan yaitu bagaimana memanfaatkan setiap inci dari sudut dinding rumah Anda sebagai sebuah tempat penyimpanan. Terutama pada bagian-bagian sudut yang sulit Anda dapat menggunakan rak buku khusus yang disesuaikan dengan bentuk sudut dinding. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki koleksi-koleksi buku besar.

Ruang belajar yang kecil dan sempit pun dapat Anda desain sedemikian rupa dengan menggabungkan rak terbuka dan meja yang bisa saja dipasang pada dinding dekat ruang utama maupun di dekat kamar tidur anak Anda.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

a55644b6fd9640689628cab547edd7a5
Langkah selanjutnya yaitu Anda mengatur tata letak dari ruang belajar sesuai dengan yang diinginkan. Aturlah ruang belajar tersebut menurut kebutuhan belajar anak Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkan furniture khusus dan multifungsi. Fungsi pengaturan ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan setiap sudut ruangan dengan baik.

Selain itu Anda disarankan untuk memikirkan cara mendesain dan mengatur ruang belajar anak Anda secara khusus, misalnya dengan sentuhan dekorasi atau desain yang unik melalui karpet, hiasan-hiasan dinding ataupun warna dari ruang itu sendiri. Tentunya dengan desain yang sesuai dengan hobi anak Anda.

Desain ala Minimalis
Bila Anda memiliki luas ruangan yang terbatas, sebaiknya Anda mendesainnya dengan mengadopsi konsep minimalis. Misalnya Anda dapat membuatnya sesederhana mungkin dengan meminimalkan lemari-lemari dan di ganti dengan rak, atau pun memilih meja yang simpel yang memiliki sedikit laci atau tanpa laci. Jangan lupa juga untuk memilih warna putih polos untuk dindingnya dan atau menggunakan poster inspiratif yang dapat menambah semangat belajar serta hiasan handmade untuk menambah sedikit dekorasi sesuai kepribadian pengguna ruangan tersebut.

Area Santai
Terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu menambahkan suatu area kecil sebagai tempat yang nyaman untuk dipakai bersantai, dan atau sambil membaca buku bacaan ringan. Tentunya ide area ini paling cocok dekat sebuat jendela dengan pemandangan luar rumah yang indah.

Semoga ide dan inspirasi dari penataan dan dekorasi ruang belajar di atas dapat membantu Anda menemukan ide terbaik dalam mendekor ruang belajar Anda sendiri.

Editor : Farida Denura
KOMENTAR