ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Humidifier, Teknologi yang Dapat Melindungi Kesehatan Keluarga

Kamis , 17 September 2020 | 13:23
Humidifier, Teknologi yang Dapat Melindungi Kesehatan Keluarga
Humidifier untuk kesehatan anggota keluarga. (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Menjaga kesehatan seluruh keluarga, adalah hal mutlak. Terlebih di masa pandemi ini, virus bisa menjadi ancaman bagi kehidupan. Belum lagi adanya polusi atau pencemaran udara, bisa menjadi faktor pengganggu kesehatan. Dengan gaya hidup yang sudah sedemikian modern, diperlukan suatu upaya untuk menciptakan udara yang sehat khususnya di sekitar ruangan rumah. Salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan humidifier.

Teknologi ini diyakini mampu menjaga kelembapan udara tetap idel dalam ruangan. Sehingga dapat menghindarkan seluruh anggota keluarga dari resiko virus, dan penyebaran jamur.

Saat ini terdapat beberapa Jenis Humidifier berdasarkan fungsi atau cara kerjanya, yaitu:

Steam Vaporizer: Alat ini bekerja dengan cara memanaskan air untuk menghasilkan uap hangat yang memiliki efek membunuh bakteri di udara. Meskipun sistem steam memiliki banyak keunggulan, konsumsi energinya relatif tinggi. Selain itu, humidifier jenis ini mudah menghantarkan panas, sehingga harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Ultrasonic Humidifier: Jenis humidifier ini bekerja dengan menggunakan gelombang ultrasonik untuk menyebarkan air dan mengubahnya menjadi uap air. Dibandingkan sistem uap, jenis ini cukup menghemat listrik. Kekurangannya, bakteri bisa berkembang dalam air, sehingga harus disertai fungsi sterilisasi.

Evaporator: Alat ini bekerja dengan metode penguapan yang menggunakan angin untuk melewati filter berisi air dan uap air. Keunggulan humidifier adalah sederhana dan harganya Namun, humidifier jenis ini membutuhkan banyak pasokan energi.

Impeller Humidifier: Pada umumnya ramah anak karena menggunakan alat yang berputar dan tidak panas untuk menguapkan air.

Central Humidifier: Cara menggunakan humidifier ini adalah dengan menghubungkannya ke AC sentral di rumah atau kantor untuk menambah kelembapan ke seluruh ruangan.

Manfaat Humidifier

Humidifier mampu mencegah kulit kering dan iritasi kulit

Udara yang terlalu kering dapat menyebabkan kulit terasa gatal, bersisik, dan pecah-pecah. Tentunya hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Anda bisa menggunakan lotion atau pelembap, namun kadang-kadang cara ini tidak cukup untuk menghidrasi kulit. Solusinya adalah dengan memasang humidifier di rumah. Alat penambah kelembapan udara ini akan membantu menjaga kelembapan ruangan di batas ideal.

Humidifier membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Sama seperti kulit tubuh, kulit kepala Anda bisa menjadi kering ketika kekurangan kelembapan. Ini dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan iritasi. Selain kulit kepala, rambut juga membutuhkan kelembapan. Bila terlalu lama terkena udara kering, rambut bisa saja menjadi kering dan rapuh. Mungkin saja rambut mengalami kerontokan parah dan berujung pada kebotakan jika kulit kepala dan rambut terus-menerus kekurangan kelembapan. Cobalah menjaga tingkat kelembapan dengan menggunakan humidifier di rumah untuk membantu mencegah hal ini.

Humidifier membantu meringankan gejala flu dan asma

Udara kering bisa saja memperburuk gejala flu, seperti hidung tersumbat dan sulit bernapas. Sementara itu, penggunaan humidifier dapat membantu meringankan gejala flu. Alat ini akan membantu meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan dan membuat hidung terasa lebih nyaman. Jika Anda terserang flu atau pilek, cobalah menggunakan humidifer saat tidur untuk membantu Anda pulih lebih cepat. Selain melonggarkan hidung tersumbat, penggunaan humidifier dapat membantu melumasi saluran hidung serta membuat Anda lebih mudah bernapas dan bisa tidur lelap. Di sisi lain, jika Anda menderita alergi atau asma, udara kering akan membuat gejalanya memburuk. Sedangkan menggunakan humidifier akan membantu menyaring alergen dan menghilangkan ketidaknyamanan akibat gejala alergi yang menyerang saluran pernapasan.

Humidifier membantu mencegah radang tenggorokan

Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh kadar kelembapan di ruangan yang sangat rendah. Jika ingin mencegah radang tenggorokan, Anda bisa mencoba menggunakan humidifier karena alat ini dapat meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan. Udara yang terjaga kelembabannya juga akan mempercepat pemulihan radang tenggorokan.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR