ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Milenial Pasar Potensial Properti Sepanjang 2019

Minggu , 09 Februari 2020 | 07:12
Milenial Pasar Potensial Properti Sepanjang 2019
Pencarian properti via online didominasi milenial (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Generasi milenial masih berpotensi menjadi pasar utama dalam properti. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya jumlah kaum muda ini, dalam melakukan pencarian kebutuhan tempat tinggal via online. Fakta menunjukan bahwa Pencari rumah maupun apartemen secara online sepanjang tahun 2019 masih didominasi oleh para milenial. Kebutuhan akan pentingnya properti rupanya mulai disadari para milenial.

"Kalau secara demografis umumnya konsumen didominasi umur 25-35 tahun. Jadi umurnya di rentang kalangan milenial," ujar Country Manager rumah123, Maria Herawati Manik di Jakarta.

Selain itu Maria juga menambahkan bahwa secara total pencarian properti secara online selama 2019 mengalami kenaikan sebesar 27 persen.

"Kalau kita melihat pembagiannya untuk rumah sendiri mengalami kenaikan 34 persen, apartemen agak mengalami sedikit penurunan kurang lebih 10 persen, dan demikian juga dengan tanah sebesar dua persen," katanya.

Dalam paparannya, Maria menyampaikan bahwa peminat untuk rumah berdasarkan kisaran harga selama 2019 masih didominasi pencarian rumah di harga kisaran Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar sebanyak 22,8 persen, kemudian rumah di harga kisaran Rp 2-5 miliar sebanyak 21,5 persen, dan harga rumah di kisaran Rp 500 juta-Rp1 miliar sebanyak 20,8 persen.

Sedangkan untuk peminat apartemen berdasarkan kisaran harga selama 2019 masih didominasi pencarian apartemen dengan harga di bawah Rp 300 juta sebesar 44,3 persen, kemudian apartemen di kisaran harga Rp 500 juta - Rp 1 miliar sebesar 18,2 persen lalu apartemen di kisaran harga Rp 300 - 500 juta sebesar 15,5 persen.

Dengan demikian pihaknya melihat bahwa sentimen konsumen ternyata memiliki kebutuhan untuk harga apartemen di bawah Rp 1 miliar.

"Prediksi kami adalah mungkin untuk apartemen bagi early investment, di mana mereka mungkin lebih invest di apartemen yang mungkin harganya tidak terlalu berisiko dan tentunya masih terjangkau." kata Maria.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR