ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Pertama di Indonesia, Konsep Swa Energy untuk Hunian

Rabu , 11 Maret 2020 | 14:11
Pertama di Indonesia, Konsep Swa Energy untuk Hunian
Rumah berkonsep swa energy (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Terobosan baru di dunia properti, khususnya perumahan. Anugerah Kasih Investama (AKI) Group, salah satu property developer di Indonesia menawarkan villa & resort dengan konsep swa energy dari energi baru terbarukan (EBT) yang bersumber dari matahari dengan menggabungkan solar panel dan energy storage system.

Hanya 3 km dari gerbang Tol Ciawi I, The Leaf Boutique Resort ini merupakan yang pertama di sektor properti di Indonesia yang secara profesional mengembangkan swa energy dari EBT, sekaligus melakukan komersialisasi.

Direktur Sales and Marketing AKI Group Piter Sim mengungkapkan, AKI akan membangun 30 unit resor dan menggandeng Baran Energy, perusahaan yang mengembangkan teknologi penyimpanan daya listrik yang bisa memasok kebutuhan listrik di resor tersebut. Namun ditambahkannya, dari 30 unit resor yang dibangun, tidak seluruhnya dipasang teknologi Baran Energy. Meski demikian, Piter menegaskan bahwa desain yang dibangun, sangat futuristic, sehingga menimbulkan daya tarik calon konsumen.

Teknologi yang dikembangkan oleh Baran Energy dapat menghasilkan listrik secara mandiri, sebagai backup listrik yang bersumber dari PLN tetap digunakan. Cara kerja teknologi Baran Energy ini cukup sederhana, yakni cahaya matahari dikonversi menjadi energi listrik melalui solar panel. Listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk peralataEn rumah tangga, seperti lampu, kulkas, mesin air, AC, kipas angin, dan lain-lain.

Dengan luas bangunan dan tanah 150 m2 serta private pool ditambah dengan teknologi yang mampu menghasilkan listrik dan dengan design futuristic, resor ini bisa menjadi sangat mahal. Namun, saat ini harganya masih Rp2,5-an miliar per unit. Selain itu, kata Piter, konsumen bisa dapatkan mobil Tesla Seri 3 tanpa diundi, cukup dengan membeli vila di The Leaf Boutique Resort.

Piter menyampaikan, tidak menutup kemungkinan ke depannya proyek-proyek perumahan lain dapat menggunakan teknologi dari Baran Energy ini untuk membantu keramahan lingkungan di Indonesia karena ini merupakan hasil karya anak bangsa yang patut didukung perkembangannya.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR