ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Lindungi Rumah dari Virus dengan Disinfektan Alami

Selasa , 24 Maret 2020 | 13:14
Lindungi Rumah dari Virus dengan Disinfektan Alami
Membersihkan rumah dengan disinfektan alami (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Gerakan untuk melakukan disinfektan dibeberapa tempat, kini mulai dilakukan. Hal ini lantaran wabah Covid-19 yang masih membayangi di daerah-daerah pandemi virus tersebut.

Menyadari betapa rentannya penyebaran virus ini, penting bagi kita untuk mencermati kembali cara membersihkan rumah agar keluarga terhindar dari penyakit.

Salah satu langkah yang efektif dalam membunuh kuman penyebab penyakit adalah membersihkan rumah dengan disinfektan. Di rumah tangga, disinfektan efektif bekerja di area berisiko tempat berkembang biaknya kuman penyebar penyakit, termasuk area yang sering disentuh tangan seperti dapur, kamar mandi, gagang pintu, dan mainan anak-anak.

Penggunaan disinfektan seperti dengan Wipol Disinfektan untuk kebersihan rumah tangga terbukti empat kali lebih efektif membunuh kuman dibandingkan pembersih biasa, dan sepuluh kali lebih efektif membunuh kuman dibandingkan membersihkan rumah hanya dengan air. Sebagai contoh, disinfektan untuk pembersih rumah tangga yang mengandung zat Ethoxylated Alcohol empat persen, dan Benzalkonium Chloride dua persen, ampuh mematikan kuman hingga 99 persen. Disinfektan dengan kandungan zat aktif tersebut juga memenuhi paramater bersih, yakni kurang dari 150 RLU.

Penggunaan disinfektan juga bisa membuat berbagai kuman mati seperti Staphylococcus aureus, e.coli, enterobacter yang menyebabkan diare. Selain pengaruh zat aktif di dalamnya, efektivitas disinfektan melawan kuman juga ditentukan oleh dosis dan frekuensi pemakaian yang disesuaikan dengan kondisi rumah.

Umumnya, disinfektan untuk membersihkan lantai rumah takarannya 23 ml (setara dengan satu tutup botol) untuk empat liter air (setara dengan satu ember sedang berisi setengah air). Jika kondisi rumah lebih banyak kotoran atau noda membandel, dosisnya bisa ditambah dua kali lipat. Dengan pemakaian tepat, disinfektan bisa memproteksi rumah hingga 7-8 jam.

Ramuan Alami Cuka dan Jeruk Nipis

Ada beberapa bahan yang bisa diracik menjadi disinfektan alami, Anda bisa menyiapkan cuka, soda kue, jeruk nipis dan beberapa minyak atsiri alami. Disinfektan alami ini juga bisa dibuat dengan mudah. Pengaplikasiannya juga sangat mudah dan pastinya aman tanpa bahan kimia berbahaya.

Anda cukup menyiapkan cuka, air dan minyak atsiri. Untuk minyak atsiri, Anda bisa memilih aroma sesuai selera. Bisa menggunakan minyak atsiri jeruk nipis, kayu manis, adas ataupun minyak atsiri cengkeh.

Gunakan perbandingan 1:1 antara cuka dan air. Campur dan aduk rata kemudian tambahkan beberapa tetes minyak atsiri. Simpan cairan desinfektan ini pada botol yang dilengkapi alat semprot lalu aplikasikan pada berbagai barang atau area yang sering disentuh.

Selain larutan cuka dan air, Anda juga bisa membuat disinfektan alami dengan campuran cuka dan soda kue. Cara membuatnya juga tidak sulit, bahkan hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 menit saja. Siapkan air panas, cuka putih dan soda kue. Campur semua bahan lalu aduk hingga rata. Tambahkan perasan air lemon atau jeruk nipis, aduk kembali dan diamkan hingga dingin.

Masukkan cairan ini ke dalam botol lalu semprotkan ke ruangan serta perabot di rumah. Racikan bahan alami ini mengandung zat antibakteri yang ampuh mengusir kuman serta virus. Selain itu, disinfektan alami ini juga aman digunakan serta tidak bau menyengat.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR