ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Pengharum Ruangan yang Menyegarkan dan Membangkitkan Motivasi

Rabu , 22 Juli 2020 | 18:00
Pengharum Ruangan yang Menyegarkan dan Membangkitkan Motivasi
Ragam pengharum ruangan (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Ruangan pada suatu bangunan memang harus diberikan berbagai wewangian untuk meminimalisir berbagai bau yang mengganggu. Namun, pengharum ruangan ternyata juga memiliki berbagai manfaat lainnya yang bahkan belum kita ketahui.

Pengharum ruangan memiliki keunikan tersendiri. Aromatetapi yang disebarkannya, selain meminimalisir berbagai bau yang mengganggu juga dapat menenangkan perasaan atau jiwa. Kekhasan ini diyakini juga mampu membangkitkan emosi maupun semangat. Dilansir dari beautyhealthtips, saat seseorang yang sedang memiliki suasana hati yang tidak menentu, setelah masuk ke ruangan dengan wangi yang semerbak, otomatis dirinya akan merubah suasana hatinya menjadi lebih tenang.

Selain itu, pengharum ruangan juga dapat memberikan kemudahan dalam berkonsentrasi dan berbicara dengan orang lain tanpa merusak suasana hati. Pengharum ruangan ternyata juga baik bagi, kondisi seseorang yang mood swing karena dapat merubahnya memiliki kondisi yang positif.

Pengharum ruangan pun bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia, berbagai merek siap untuk memberikan pilihan untuk wangi ruangan. Seperti pengharum ruangan Dahlia, Stella dan juga Glade yang tersedia dengan berbagai wangi yang bisa disesuaikan dengan wangi favorit Anda.

Berikut ini 8 pilihan aroma pengharum ruangan yang dapat menenangkan jiwa hingga membangkitkan motivasi.

1. Peppermint atau daun mint

Aroma pengharum ruangan yang bisa dicoba adalah aroma daun mint atau peppermint. Aroma daun mint sangat menyegarkan sekaligus menyuntikkan energi bagi tubuh. Aroma yang dikeluarkan daun mint mampu membuat suasana hati jadi lebih ceria dan mempertajam fokus. Anda bisa memilih aroma pengharum ruangan dalam bentuk semprot ataupun diffuser.

2. Citrus

Minyak citrus diketahui memiliki banyak khasiat yang bisa dirasakan oleh tubuh. Aroma pengharum ruangan citrus terbukti bisa membantu meningkatkan suasana hati, merelaksasi, dan menghilangkan depresi serta kecemasan. Selain itu, aroma dari citrus juga membantu untuk melawan pilek, flu, dan bronkitis. Bagi yang memiliki masalah pencernaan atau insomnia, aroma pengharum ruangan lemon jadi pilihan tepat.

3. Lavender

Inilah salah satu pengharum ruangan yang menjadi favorit orang banyak. Minyak lavender terbukti mampu mengatasi beberapa masalah pada tubuh. Misalnya saja sebagai obat penenang ringan serta membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, pengharum ruangan lavender dapat mencegah stres, mengurangi kecemasan, mengurangi kelelahan, maupun depresi.

4. Jasmine

Wangi pengharum ruangan yang harus dicoba adalah jasmine. Lebih dikenal sebagai melati, aroma jasmine ini mampu memberikan sensasi relaks dan menguraikan ketegangan. Jika menggunakan minyak jasmine ke dalam diffuser, maka bisa membantu mengatasi masalah pernapasan, kecanduan pada rokok, dan stres. Semprotkan pengharum ruangan jasmine jika Anda ingin mendapat sensasi relaks dengan mudah.

5. Chamomile

Wangi pengharum ruangan chamomile juga menjadi aroma favorit banyak orang. Minyak ini diekstraksi dari bunga chamomile yang memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah sebagai antidepresan alami. Anda bisa memasukkan minyak chamomile ke dalam diffuser dan menggunakannya sebagai pengharum ruangan. Aroma chamomile diketahui memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Di antaranya untuk memperbaiki mood, menenangkan pikiran, meredakan stres, dan membantu untuk tidur lebih tenang.

6. Vanilla

Aroma vanilla dapat kamu temui dengan mudah di pelbagai toko yang menjual pengharum ruangan spray atau diffuser. Aroma dari minyak vanilla sendiri diketahui memiliki beberapa khasiat bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk menenangkan tubuh dan membawa energi positif. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari aroma vanilla adalah meningkatkan kualitas tidur, antidepresan, dan meningkatkan kepercayaan diri. Anda bisa meletakkan diffuser berisi minyak vanilla di sisi tempat tidur agar tidur lebih nyenyak.

7. Kayu manis

Kayu manis juga merupakan salah satu pengharum ruangan yang laris. Faktanya, selain aromanya menenangkan, kayu manis juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Wheeling Jesuit University di West Virginia, AS, ternyata aroma kayu manis dapat meningkatkan memori seseorang. Oleh karena itu, sangat disarankan meletakkan diffuser berisi kayu manis di ruang kerja atau meja belajar.

8. Kopi

Aroma ini sangat cocok bagi para pencinta kopi. Kini Anda bisa mengadopsi kopi sebagai salah satu aroma pengharum ruangan yang banyak tersedia di pasaran. Kafein yang terkandung dalam kopi mampu memberikan energi semangat di pagi ataupun sore hari. Selain itu, diffuser beraroma kopi juga membuat jadi lebih fokus saat bekerja. Bagi yang tidak ingin menggunakan diffuser sebagai alat untuk pengharum ruangan, bisa menggunakan biji-bijian kopi maupun serbuk kopi favorit. Masukkan ke dalam kertas kecil atau kantong berpori, tinggal gantung di tempat yang kamu inginkan.

Inilah beberapa manfaat pengharum ruangan yang bisa digunakan sebagai pelengkap dekorasi rumah. Rumah pun semakin wangi dan bikin betah penghuninya. Anda bisa meletakkan pengharum ruangan di kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, bahkan toilet. Hanya perlu disesuaikan dengan aroma favorit masing-masing penghuni rumah.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR