ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Penempatan Tangga Dalam Rumah yang Baik, Menurut Feng Shui

Senin , 07 September 2020 | 11:35
Penempatan Tangga Dalam Rumah yang Baik, Menurut Feng Shui
Ilustrasi penempatan tangga yang baik menurut feng shui (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Rumah bertingkat memang membutuhkan tangga sebagai pijakan ke lantai berikutnya. Selain sebagai penyambung antara satu lantai dengan yang lain, keberadaan tangga tidak hanya semata menjadi 'jembatan'. Dengan beragam motif, model, dan kemewahannya, kini tangga pun bisa menjadi salah satu unsur yang dapat mempercantik interior rumah.

Kini, dengan makin berkembangnya gaya hidup, penempatan tangga juga dibidik melalui penglihatan feng shui. Hal ini lantaran letak tangga diyakini bisa menentukan baik dan buruknya dan buruknya kualitas energi pada ruang di atasnya. Karenanya prinisp penempatan tangga ini patut dicermati untuk menarik keberuntungan ke dalam rumah.

Energi tangga putar

Salah satunya bentuk tangga menurut feng shui tangga. Meskipun bentuk tangga tergantung selera dan minat pemilik rumah, namun beberapa orang juga memberi perhatian khusus pada bentuk tangga putar karena dipercaya bisa merusak energi pada sebuah bangunan.

Alasan pertama adalah tangga putar berbahaya karena jalan saat naik atau turun tak terlihat sehingga Anda tak tahu apa yang menanti di sana. Bentuknya pun dianggap seperti sekrup besar membosankan yang menciptakan lubang besar dalam rumah dan hidup Anda.

Sebenarnya, bentuk tangga putar baru akan memengaruhi energi apabila diletakkan pada bagian tengah rumah atau berada dan menghadap ke arah pintu keluar. Namun, jauh lebih baik apabila tangga putar diganti dengan tangga konvensional dan dibuat dari bahan kayu dengan warna yang berbeda antara tangga atas dan bawah.

Apabila tangga putar berada di luar ruangan, sebaiknya diberikan pelindung pada bagian atapnya. Bukan hanya untuk keamanan, ini juga dipercaya dapat menghindari segala biang masalah.

Perhatian pada tangga yang menghadap ke pintu

Menurut fengshui, tangga yang langsung menghadap pintu depan akan menarik semua keberuntungan dan rejeki bergulir ke bawah dan keluar dari pintu depan.

Posisi tangga yang berada tepat di seberang pintu membuat perhatian langsung ditarik lurus ke atas dan membuat area paling pribadi di rumah langsung tampak. Hal ini tentu tak akan menampilkan kesan yang terlalu baik terutama bagi tamu Anda. Selain itu, posisi tangga di sebrang pintu depan membuat rumah tak seaman seperti posisi tangga di tempat lainnya, misalnya dari penyusup di malam hari.

Posisi tangga yang baik menurut feng shui

Berdasarkan ilmu Feng Shui, tangga memiliki pengaruh yang besar dalam penataan Feng Shui Interior. Tangga adalah saluran energi ‘Qi’ untuk dibawa ke atas atau ke bawah dan disebarkan ke seluruh tingkat. Oleh sebab itu penempatan tangga dapat mempengaruhi keberuntungan dan kesatuan keluarga.

Berbeda dengan air yang hanya bisa bergerak dari atas ke bawah, paradigma energi ‘Qi’ dalam ilmu Feng Shui bisa mengalir dengan mudah dari tingkat atas ke bawah dan juga bergerak dari bawah ke atas. Energi ‘Qi’ ini dibawa ke atas oleh gerakan aktivitas yang menciptakan pola energi di tingkat atasnya. Oleh sebab itu, posisi tangga juga dianggap sebagai mulut rumah kedua atau ‘Qi Kou’ setelah pintu utama dan harus ditempatkan pada sektor yang tepat.

Jangan membuat tangga menghadap kamar mandi

Kasus lain yang perlu diperbaiki adalah posisi tangga yang turun langsung menuju pintu kamar mandi dan WC. Letak tangga seperti ini mengakibatkan energi ‘Qi’ terseret keluar ke saluran. Kasus yang sama juga terjadi ketika posisi tangga yang turun langsung menuju pintu kamar tidur, karena begitu energi ‘Qi’ ini turun akan bergerak cepat dan ‘menghantam’ pintu, sehingga ketika energi ‘Qi’ masuk ke dalam ruangan kamar menjadi tidak stabil dan menyebabkan penghuni di kamar tidur ini mudah sakit atau memiliki temperamen yang labil sehingga hubungan dengan orang lain juga kurang harmonis.

Untuk memperbaiki permasalah di atas Anda bisa memindahkan posisi pintu kamar mandi atau kamar tidur agar tidak segaris lurus dengan mulut tangga, memasang penutup pintu otomatis, atau memasang tirai di pintu atau bisa juga meletakkan tanaman di dalam kamar mandi ataupun WC agar dapat membawa energi ‘Qi’.
Jangan menempatkan tangga melewati pintu utama

Jangan menempatkan posisi tangga yang melewati atas pintu utama. Posisi tangga yang melewati pintu utama akan menyebabkan energi ‘Qi’ ketika masuk ke dalam ruangan menjadi tertekan dan bisa disamakan seperti adanya balok yang menonjol di atas pintu utama.

Bentuk tangga yang baik berbentuk U atau L

Bentuk tangga yang disukai adalah berbentuk letter U atau L, karena adanya lekukan akan membiarkan energi ‘Qi’ berkumpul terlebih dahulu sebelum berputar naik ke atas. Dengan demikian aliran pola energi lebih lembut dan sentimental.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR